Copyright © 2016 www.dickidirmania.com
SITEMAP | CONTACT US | TERMS & CONDITIONS
Bismillahirrahmanirrahim
WARGA DESA PASINANJUNG KERACUNAN MAKANAN
Tepatnya hari minggu tanggal 4 Okotber 2009 tampak hilir mudik warga dengan kepanikan luar biasa menuju sebuah polindes yang berada di pintu gerbang perumahan di wilayah Perum Puteraco desa pasirnanjung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.


Kepanikan warga terjadi karena telah terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), sebanyak 103 orang yang tercatat mengalami keracunan makanan, dari sebuah hidangan "Nasi Kotak" yang dibagikan salah seorang warga sekitar. dan dari 103 orang tersebut sedikitnya sebanyak 9 orang warga harus mengalami perawatan serius (Infus), karena kondisi yang sangat membahayakan korban.

Atas kesigapan warga sekitar melalui peran Forum Masyarakat Desa Siaga dan dibantu komunitas Pemuda di perum Puteraco (i-Ranger), terjalin kerjasama yang baik dengan petugas kesehatan yang datang dari Puskesmas Cimanggung dan Dinkes Kabupaten Sumedang , sehingga kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa.

kejadian tersebut mendapat respon yang luar biasa dari Muspika kecamatan Cimanggung, terlihat dari hadirnya ke lokasi secara langsung antara lain Camat Cimanggung, Kapolsek yang didampingi Kepala Desa Pasirnanjung. selain itu kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang pun turut hadir di lokasi setelah mendengar kabar tersebut. tak ketinggalan media elektronik (TV) swasta jg nampak hadir meliput berita kejadian ini.

Menurut informasi yang diterima, kejadian ini diakibatkan dari konsumsi warga yang diperoleh dari salah satu keluarga yang menyelenggarakan syukuran/halal bihalal pada hari sabtu (3 Oktober 2009) pukul 19.30 WIB, berupa "nasi kotak" berisi nasi dan lauk pauknya.

setelah warga mengkonsumsi makanan tersebut, sekitar pukul 02.00 WIB (dini hari) warga mulai merasakan kesakitan di perut dan pusing di kepala secara tiba-tiba. kontan saja warga memeriksakan diri ke polindes (bidan desa) setempat pada pagi harinya. namun melihat kondisi jumlah warga yang datang ke polindes tersebut ternyata mengalami jumlah yang tidak normal, maka bidan desa (bidan cici, red) langsung menghubungi petugas kesehatn di Puskesmas Cimanggung untuk meminta bala bantuan petugas kesehatan. Tak lama kemudian petugas kesehatan tiba dengan 4 petugas kesehatan yang diturunkan dan 2 unit ambulan.

Pihak Kepolisian dari Polsek Cimanggung setelah berkoordinasi dengan Polres Sumedang dan dibantu pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang langsung melakukan olah TKP, untuk mencari penyebab / sumber keracunan yang terjadi. Menurut informasi sementara, kemungkinan besar sumber racun tersebut berasal dari bihun ataw ayam gorengnya, namun untuk lebih memastikan sumber racun itu berasal darimana, pihak Dinkes akan menyampaikan laporannya hasil lab-nya seminggu setelah pemeriksaan.

Semoga dari pengalaman kejadian tersebut, dapat diambil hikmah oleh seluruh pihak, khususnya warga Perum Puteraco Desa Pasirnanjung, dan juga akhir dari kejadian ini tidak ada yang akan terjadi permasalahan yang lebih jauh lagi, baik itu berkaitan dengan hukum maupun kondisi kesehatan masyarakat itu sendiri.

Terima Kasih atas kunjungan para sahabat di Blog yang sederhana ini, semoga dapat memberikan Informasi dan Inspirasi bagi anda. Alangkah berkesan jika sahabat berkenan memberikan Komentar dan saran dari setiap Artikel yang kami muat.