Copyright © 2016 www.dickidirmania.com
SITEMAP | CONTACT US | TERMS & CONDITIONS
Bismillahirrahmanirrahim
LIDAH BUAYA (ALOE VERA L)
Lidah Buaya atau (Aloe vera L) pertama kali ditemukan pada tahun 1500 SM. Sekitar 200 species tersebar di seluruh belahan bumi, dari mulai benua Afrika dengan tanah yang tandus, hingga daratan Asia yang beriklim tropis, dengan hanya media tanah berhumus dicampur pasir dan sinar matahari yang cukup serta drainase yang baik maka tanaman ini dapat tumbuh subur.



Tanaman dari suku liliaceae ini sudah di manfaatkan manusia, terutama bangsa Arab, Yunani, Romawi, India dan Cina sebagai bahan baku obat, bahkan konon Cleopatra menggunakan tanaman ini untuk merawat kecantikannya.

Manfaat dan khasiat Lidah Buaya

Semakin tua tumbuhan lidah buaya maka semakin member manfaat untuk nutrisi dan pengobatan. Jika Anda mempunyai masalah dengan perawatan kulit, Ph pada lidah buaya dapat mengembalikan keseimbangan kulit sekaligus membersihkan kulit yang bernoda, berikut resepnya :
  • 1 sendok makan masker lumpur
  • 1 sendok makan jus lidah buaya
  • 1 sendok makan tepung hazel
  • air secukupnya untuk membuat bahan-bahan ini jadi pasta
  • tambahkan 1 tetes essential tea tree oil
  • 1 tetes essential oil lavender
  • 1 tetes essential oil peppermint
Lalu campurkan semua bahan diatas, setelah itu oleskan dan diamkan selama 15 menit dan basuh dengan air hangat lalu percikan air dingin.

Jika ingin cara alami perawatan kulit dengan lidah buaya khususnya kulit berminyak dan bernoda, campurkan jus lidah buaya dengan air ditambah essential oil yang menangkan dan gunakan untuk mist sepanjang hari.

Efek lain farmakologis dari Lidah Buaya :

1. Mengobati Sembelit

Caranya : tinggal Anda cuci bersih setengah lembar lidah buaya , tidak lupa buang durinya, lalu bagian dagingnya dicincang. Tambahkan setengah gelas air panas dan satu sendok makan madu, aduk lalu saring, makan campuran tersebut 2 X sehari dengan dosis yang sama saat masih hangat.

2. Mengobati luka dalam dan luka Lebam

Caranya : dengan merebus 10-15 g bunga lidah buaya dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas, saring air rebusan lalu minum 3 X sehari masing-masing 1 ½ gelas.

3. Mengobati batuk Rejan

Caranya: tinggal Anda rebus 15-18 cm daun lidah buaya yang telah dibuang kulit dan durinya, tambahkan gula, lalu minum air rebusannya.

4. Luka Bakar

Caranya : dengan mencuci bersih daun lidah buaya, buang pangkal daunya, lalu buka kulit dalamnya, setelah itu tinggal dioleskan bagian daun yang berlendir pada luka sampai lendirnya menutupi seluruh bagian luka.

Ulangi pengolesan setiap lender terlihat mongering atau ½ jam sekali. Lakukan pengobatan secara continue sampai peradangan karena panas pada kulit menghilang.

5. Mengobati Kencing Manis

Caranya : dengan mencuci bersih 1 lembar lidah buaya dan buang durinya, kemudian potong-potong bagian dalam daun, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas, minum air rebusan 3 X sehari masing-masing ½ gelas.

6. Mengobati Wasir

Caranya: dengan mencuci bersih ½ lembar lidah buaya yang sudah dibuang durinya, lalu parut dan tambahkan ½ gelas air matang dan 2 sendok makan madu, aduk, dan saring airnya setelah itu tinggal diminum 3 X sehari.

Sebagai informasi tambahan, konon tanaman ini dapat diracik menjadi obat HIV/AIDS, karena kandungannya berfungsi sebagai system pertahanan tubuh, sehingga menghambat kinerja virus HIV dengan menstimulasi system kerja kekebalan tubuh si penderita.


Sumber : http://www.anneahira.com

Terima Kasih atas kunjungan para sahabat di Blog yang sederhana ini, semoga dapat memberikan Informasi dan Inspirasi bagi anda. Alangkah berkesan jika sahabat berkenan memberikan Komentar dan saran dari setiap Artikel yang kami muat.